Bantu Penyusunan Rencana Tata Ruang, Pemkot Manado dan BIG Gelar Sosialisasi dan Bimtek Pengumpulan Nama Rupabumi

Manado, Berita Geospasial - Pada tanggal 18 - 20 Oktober 2022 Badan Informasi Geospasial (BIG) dan Pemerintah Kota Manado melakukan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Nama Rupabumi. Kegiatan yang berlangsung di Kantor Wali Kota Manado ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman pemerintah Kota Manado terkait pentingnya Penyelenggaraan Nama Rupabumi dan cara pelaksanaannya.


Pada hari pertama (18/10), BIG yang diwakili oleh tim dari Pusat Pemetaan Rupabumi dan Toponim (PPRT) bersua dengan Kepala Bapelitbangda Kota Manado, Kepala Dinas PMPTSP Kota Manado, Kepala Dinas PUPR Kota Manado, Camat se-Kota Manado, Lurah se-Kota Manado dan perwakilan Manado Hub dengan jumlah peserta kurang lebih 150 orang. Acara dibuka dengan penyampaian laporan kegiatan oleh Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kota Manado, Drs. Sonny M. Takumansang, M.Si. Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Asisten 1 Pemerintahan Umum dan Kesra Kota Manado, Drs. Heri Saptono. Beliau mengingatkan akan pentingnya kegiatan ini mengingat salah satu peran nama rupabumi dalam menunjang kegiatan penyusunan rencana tata ruang.


Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dari tim BIG. Pertama, Harry Ferdiansyah selaku Koordinator Pokjabfung Toponim dan Verifikasi IG Partisipatif melakukan Sosialisasi PP 2/2021 dan pemaparan urgensi Penyelenggaraan Nama Rupabumi oleh. Pada kesempatan ini beliau menyampaikan bagaimana pemerintah daerah dapat berperan aktif dalam kegiatan Penyelenggaran Nama Rupabumi dan bagaimana peran nama rupabumi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Selanjutnya, disampaikan materi teknis yang menjelaskan mengenai metode-metode dalam melakukan pengumpulan nama rupabumi, cara pemerintah daerah dapat berkolaborasi antar OPD untuk dapat memperkaya data nama rupabumi serta tata cara pendataan nama rupabumi menggunakan aplikasi SINAR Android.


Pada hari kedua (19/10), peserta yang akan ditugaskan di lapangan sejumlah kurang lebih 40 orang melaksanakan praktik pendataan nama rupabumi dengan menggunakan aplikasi SINAR. Peserta dibagi menjadi 4 kelompok dengan didampingi oleh fasilitator dari BIG, Bapelitbangda Kota Manado dan Bagian Tata Pemerintahan Kota Manado. Pengambilan data titik, garis dan area dilakukan di sekitar Kantor Walikota Manado. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pemaparan pemaparan materi tentang penggunaan SINAR web terkait pengelolaan data nama rupabumi hasil survei lapangan untuk diolah hingga dapat ditelaah. Terakhir, terdapat materi mengenai konversi data SINAR dimana peserta diberikan kesempatan untuk melakukan konversi data nama rupabumi masing-masing instansi hingga dapat diunggah ke SINAR.

(NAP/FAN)


Bagikan:
WhatsApp
Arsip Berita