BIG Bekerjasama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta Menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Nama Rupabumi

Yogyakarta, Berita Geospasial - Badan Informasi Geospasial (BIG) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta melaksanakan  kegiatan Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Nama Rupabumi yang diselenggarakan di Mantrijeron, Yogyakarta pada 26-29 September 2022. Pada kegiatan empat hari tersebut, BIG yang diwakili oleh tim Pusat Pemetaan Rupabumi dan Toponim (PPRT) menyampaikan materi pelatihan diantaranya sosialisasi Peraturan Pemerintah No.2 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Nama Rupabumi, pengumpulan dan penelaahan nama rupabumi, serta pengenalan aplikasi Sistem Informasi Nama Rupabumi (SINAR) Android dan web. Koordinator Pokjabfung Toponim dan Verifikasi Informasi Geospasial Partisipatif PPRT BIG, Harry Ferdiansyah pada paparan pembukaannya menyampaikan pentingnya penggunaan Bahasa Indonesia pada penamaan rupabumi di Indonesia, khususnya di Kota Yogyakarta, dan penggunaan bahasa daerah dan asing yang sesuai dan tidak melanggar prinsip penamaan rupabumi.


Kegiatan bimbingan teknis (bimtek) yang dilaksanakan selama empat hari, dibagi menjadi dua sesi, dengan masing-masing sesi berlangsung selama dua hari. Pada sesi pertama Senin dan Selasa (26/09-27/09), peserta bimtek berasal dari bagian Pemerintahan Sekda Kota Yogyakarta, perwakilan kemantren dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kota Yogyakarta dengan materi yang disampaikan berfokus pada kegiatan penelaahan nama rupabumi. Materi difokuskan pada penelaahan rupabumi karena peserta pada sesi pertama akan ditugaskan sebagai verifikator. Pada sesi pertama hari Senin, peserta melakukan pendaftaran akun SINAR dan pengajuan tugas sebagai verifikator. Di hari kedua sesi pertama dilaksanakan simulasi kegiatan penelaahan nama rupabumi dan konversi data yang dimiliki oleh masing-masing OPD sehingga diharapkan OPD dapat secara mandiri mengirimkan data nama rupabumi yang sesuai dengan format SINAR. 


Pada sesi kedua, di hari Rabu dan Kamis (28/09-29/09), peserta bimtek berasal dari perwakilan kelurahan dan pihak lain yang ditunjuk oleh Pemkot Yogyakarta sebagai surveyor. Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Ir. Arman Yuriadijaya, M.M. berkesempatan menghadiri bimtek pada Hari Rabu memberikan arahan kepada surveyor yang akan bertugas di masing-masing kelurahan. Materi yang disampaikan pada sesi kedua dititikberatkan pada pengumpulan nama rupabumi dan pengenalan SINAR.


Di hari Kamis (29/09), dilakukan simulasi pengumpulan nama rupabumi oleh para surveyor dengan tempat praktikum di sekitar tempat pelaksanaan bimtek. Setiap peserta mencoba melakukan input data berupa titik, garis, dan luasan sehingga diharapkan pada kegiatan survei lapangan yang akan dilaksanakan di wilayah masing-masing dapat berjalan dengan baik. Pada sesi penutup peserta mendapatkan materi pengolahan data hasil survei lapangan yang meliputi edit atribut dan spasial sebelum data diteruskan kepada verifikator untuk ditelaah. (FY/FAN)                                                                                                                       

                            



Bagikan:
WhatsApp
Arsip Berita