BIG Dampingi Kutai Kartanegara Laksanakan Bimtek Penyelenggaraan Nama Rupabumi

Kota Samarinda, Berita Geospasial - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan bimbingan teknis Penyelenggaraan Nama Rupabumi bertempat di Hotel Swis-bel, Kota Samarinda. Bimbingan teknis dilaksanakan selama dua hari, 20-21 Juni 2024 dengan peserta terdiri dari perwakilan kecataman dan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemda Kutai Kartanegara. Badan Informasi Geospasial (BIG), dalam hal ini diwakili oleh Pusat Pemetaan Rupabumi dan Toponim, menghadiri bimtek sebagai narasumber, yaitu surveyor pemetaan madya Farid Yuniar dan surveyor pemetaan muda Ircham Habib Anggara.

Pada pembukaan acara di hari pertama, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kutai Kartanegara, Yani Wardana menyampaikan bahwa kegiatan tahun ini merupakan lanjutan bimtek yang sudah dilakukan tahun sebelumnya. Bimtek tahun 2024 berfokus pada tahapan pengumpulan nama rupabumi, sedangkan pada bimtek tahun 2023 sebelumnya materi yang disampaikan adalah penelaahan nama rupabumi.

BIG dalam kesempatan dua hari pelaksanaan bimtek menyampaikan materi antara lain, overviu Penyelenggaraan Nama Rupabumi di Kutai Kartanegara, Pengenalan aplikasi dan web Sistem Informasi Nama Rupabumi (SINAR), Metode pengumpulan Nama Rupabumi, Praktik Pengumpulan Nama Rupabumi, Pengolahan data hasil survei, serta metode kompilasi data sekunder.

Peserta bimtek melaksanakan praktik pengumpulan nama rupabumi secara langsung di sekitar lokasi kegiatan menggunakan SINAR Android guna memastikan setiap peserta dapat menggunakan aplikasi dengan baik sekembalinya ke wilayah masing-masing. Peserta juga melakukan praktik pengolahan data hasil survei dan pengajuan data ke verifkator menggunakan SINAR Web.

BIG juga mengenalkan metode kompilasi data sekunder dengan praktik yang dilakukan menggunakan data kantor desa dan kelurahan yang sudah dimiliki bagian tata pemerintahan Sekda Kutai Kartanegara.

Bimtek ditutup oleh Yani Wardana, dimana Kabag Tapem Setda Kutai Kartanegara memimpin penyusunan rencana tindak lanjut yang akan dilaksanakan oleh bagian tata pemerintahan, kecamatan, desa dan kelurahan khususnya penyebaran informasi materi bimtek dan rencana pelatihan surveyor yang akan ditugaskan dari masing-masing desa dan kelurahan. (FY)


Bagikan:
WhatsApp
Arsip Berita